MPASI dari Buah Alpukat untuk Bayi Berusia 6 Bulan Ke Atas

Buah alpukat diketahui memiliki berbagai macam manfaat untuk bayi, karena berbagai kandungan nutrisi yang terdapat di dalam buahnya. Dengan mengkonsumsi buah alpukat bayi akan menjadi lebih sehat, serta mengalami tumbuh kembang yang baik. Tatapi perlu diingat jika buah alpukat baru bisa diberikan kepada bayi saat usianya menginjak 6 bulan atau saat si bayi sudah siap menerima makanan lain selain asi atau MPASI.

Ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan saat ingin menjadikan buah alpukat sebagai salah satu MPASI untuk bayi. Beberapa hal tersebut yaitu:

1.    Memilih alpukat yang berkualitas

Buah alpukat yang cocok untuk bayi sangat banyak, salah satunya adalah alpukat hong ngoc. Jika anda kurang familiar dengan alpukat yang satu ini itu wajar. Karena buah alpukat unggul asal Vietnam ini memang tergolong baru. Tidak banyak orang yang membudidayakan bibit alpukat hong ngoc, belum ada juga perkebunan bibit alpukat hong ngoc. Tetapi alpukat ini sangat cocok untuk dijadikan MPASI karena memiliki tekstur buah yang lembut dan rasa yang lezat.

Anda perlu memperhatikan beberapa hal dalam memilih buah alpukat yang berkualitas. Pilih alpukat yang sudah matang serta tidak diserang hama atau penyakit. Jangan pilih alpukat yang memiliki bercak hitam pada kulit buahnya. Alpukat matang biasanya memiliki tekstur buah yang tidak terlalu keras juga sedikit lembek saat dipegang menggunakan tangan.

 

2.    Olah dengan Baik Buah Alpukat

Cuci terlebih dahulu buah alpukat yang akan anda berikan pada si kecil, cuci hingga bersih dan kemudian potong menjadi dua bagian, potong melingkar sehingga biji buahnya tidak ikut terpotong. Ambil daging buahnya, keruk menggunakan sendok. Setelah itu haluskan daging buah alpukat menggunakan sendok, biasa juga dihaluskan menggunakan blender atau ditumbuk. Untuk menambahkan rasa gurih di dalam buah alpukat anda bisa menambahkan ASI atau juga susu formula.

 

3.    Tekstur Buah Harus Diperhatikan

Untuk menyajikan buah alpukat sebagai MPASI anda harus menyesuaikan dengan usia Si Kecil. Jika baru menginjak usia 6 bulan ada baiknya jika buah alpukat diolah menjadi lebih halus dan juga lebih encer. Saat usianya sudah bertambah anda bisa mengolah buah alpukat menjadi bertekstur sedikit lebih padat. 

 

Menjadikan buah alpukat sebagai salah satu MPASI sebenarnya sangat dianjurkan, hal ini karena berbagai macam nutrisi terkandung di dalam buah alpukat. Bukan hanya itu, menyajikan buah alpukat juga sangat mudah, namun anda perlu memperhatikan agar menyajikan makanan bayi sesuai dengan usianya.

Anda juga bisa memperkenalkan jenis MPASI yang terbuat dari buah atau bahan yang lain. walaupun sangat jarang terjadi tetapi tidak menutup kemungkinan jika ada bayi yang bisa memiliki reaksi alergi terhadap buah alpukat.

Jika anda melihat buah hati anda mengalami gatal-gatal, sakit perut, rewel, bahkan hingga diare setelah mengkonsumsi buah alpukat lebih baik segera konsultasikan dengan dokter agar dapat memastikan apakah si kecil memiliki alergi atau tidak.

Jika terbukti memiliki alergi ada baiknya untuk mengganti buah yang digunakan sebagai MPASI. Biasanya dokter akan memberikan saran untuk mengganti buah dan makan lain yang memiliki kandungan sama baiknya dengan buah alpukat.

 

Sumber : https://www.bibitbuahku.com