3 Jenis Durian Unggul dari Asia Tenggara

Durian merupakan tanaman buah yang banyak disukai oleh masyarakat terutama orang yang tinggal di kawasan Asia Tenggara. Buah yang memiliki duri di kulitnya ini memang terkenal karena memiliki rasa dan aroma buah yang kuat dan menyengat. Inilah alasan sebagian orang tidak menyukai buah durian. Tapi bagi mereka yang merupakan pecinta durian, semakin kuat aroma buahnya maka akan semakin penasaran untuk dicoba.

Di Asia Tenggara sendiri ada 3 negara yang merupakan penghasil buah durian terbesar dan pengimpor buah durian ke seluruh dunia yakni Thailand, Malaysia, dan juga Indonesia. Ketiga negara tersebut memiliki jenis durian yang sangat banyak dan juga beragam. Bagi anda yang belum tahu ada 3 jenis durian unggulan yang bersaing di pasar Internasional dan ketiga durian tersebut berasal dari 3 negara yang sudah disebutkan di atas.

1.    Durian Bawor dari Indonesia

Durian bawor merupakan tanaman buah lokal yang berasal dari gabungan berbagai macam jenis bibit durian unggul yang dilakukan di Banyumas. Setelah hasil penggabungan beberapa jenis bibit durian unggul tersebut terlahirlah buah durian bawor yang memiliki daya saing.

Keunggulan durian bawor bisa anda lihat dari ukuran buahnya yang besar, satu buah durian bawor mampu mencapai bobot rata-rata sekitar 4 – 6 kg. tetapi jangan salah bahkan ada durian bawor yang mampu mencapai ukuran dengan bobot 12 – 15 kg per buah. Bagaimana sangat besar bukan?

Keunggulan durian bawor bukan hanya itu, daging buahnya tebal dengan biji yang tipis ditambah dengan citarasa buah yang manis dan juga sedikit pahit karena memiliki kandungan alkohol pada buahnya. Rasa seperti inilah yang disukai oleh banyak pencinta buah.

2.    Durian Duri Hitam dari Malaysia

Selanjutnya adalah durian duri hitam yang merupakan durian unggulan dari Malaysia. Buah durian yang satu ini memang cukup unik karena pada bagian ujung di kulitnya memiliki warna hitam yang hanya dimiliki oleh durian jenis ini. Walaupun ukuran buahnya tidak terlalu besar tetapi daging buah durian duri hitam cukup tebal dengan ukuran biji sedang.

Ukuran bukan masalah asalkan menawarkan rasa yang lezat. Itulah kenapa durian duri hitam sangat dicari di pasar internasional. Bukan lain karena rasa buahnya yang manis, legit, dengan sensasi sedikit pahit yang disukai oleh pencinta buah durian. Aroma durian duri hitam juga cukup kuat. Durian yang satu ini bahkan pernah menjuarai kontes durian nasional 3 kali berturut-turut yang diadakan oleh menteri pertanian Malaysia.

3.    Durian Montong dari Thailand

Siapa yang tidak tahu durian montong? Nampaknya semua orang mengetahui durian montong itu seperti apa. Durian yang satu ini memang terkenal lebih dulu karena memiliki berbagai macam keunggulan salah satunya adalah memiliki ukuran buah yang luar biasa besar. Satu buah durian montong mampu menghasilkan buah hingga berbobot 10 kg.

Rasa durian montong juga manis serta tidak pahit, selain itu aroma duriannya tidak terlalu kuat. Inilah mengapa buah durian montong juga banyak dinikmati oleh bukan pecinta durian. Banyak orang yang mencari buah durian montong karena cocok dinikmati dengan kopi.

 

Demikian ulasan kami mengenai 3 buah durian unggul yang berasal dari Indonesia, Malaysia, dan Thailand. Anda bisa mendapatkan ketiga bibit durian tersebut di bibitbuahku jika ingin mencoba untuk membudidayakannya.